Kamis, 31 Januari 2013

PENYEBAB BLOG WORDPRESS.COM DIHAPUS


Sesuai dengan judul diatas, saya akan sedikit berbagi pengalaman kepada anda, mengapa sebuah blog wordpress.com yang kita buat secara gratis, bisa dihapus oleh pihak wordpress.com.
Walaupun blog ini tidak pernah bermasalah hingga diharuskan untuk dihapus atau banned, tapi saya hanya melihat teman-teman blogger yang mengalami hal demikian, solusinya sering-seringlah backup data wp anda sebelum hal buruk menimpa anda.
Sebetulnya tips supaya blog wordpress.com kita tidak dihapus, sangatlah simpel yaitu ikuti Rule yang sudah ada di wordpress.com & jangan melanggarnya, untuk melihat Rule-nya silakan klik disini.
Sayangnya rule/TOS nya Panjang dan bahasa yang digunakan bahasa Inggris, maka dari itu saya akan sedikit membantu anda memahami TOS (Term Of Service) yang  diterapkan khusus untuk blog wordpress.com. Lihat penjelasannya dibawah (maaf, jika saya salah mengartikan TOS).
TOS WordPress.com:
 1. Berhubungan dengan akun blog anda:
  • Anda bertanggung jawab penuh atas akun yang anda buat, jadi jika melanggar hukum pihak wordpress.com berhak menghapus blog anda (misal blog yang isi kontennya mempelajari cara untuk merakit BOM).
  • Dilarang menetapkan kata kunci yang menyesatkan pengunjung, misalnya kata kunci dalam sebuah postingan yang terlalu banyak dan tidak ada relevansinya dengan isi blog (isi artikel hanya keyword/kata kunci saja & tidak ada manfaatnya).
  • Jangan jadikan blog sebagai ladang iklan untuk mencari uang dengan cara Google Adsense/link referral (adf(dot)ly) biasa disebut PPC (pay per click), karena pihak wp.com (mungkin) beranggapan bahwa isi konten, tidak lagi murni untuk blogging, tapi lebih berorientasi ke uang.
2. Berhubungan dengan konten/isi blog anda:
  • Tulisan pada artikel yang anda buat harus asli/original dan hasil pemikiran sendiri, tidak boleh hasil copy paste (tanpa mencantumkan sumber), karena bisa melanggar hak cipta.
  • Konten yang anda ambil (gambar/video) tidak boleh melanggar hukum, contoh gambar kekerasan, video perakitan bom dan lainnya.
  • Konten tidak boleh berisi tentang script/file yang berhubungan dengan virus, spyware, malware, trojan horse, dan program jahat lainnya.
  • Konten blog tidak boleh acak-acakan seperti spam (artikel dibuat oleh bot, bukan oleh manusia), dan jangan terlalu sering posting (spoofing), nanti dikira pihak wp.com blog anda adalah spam.
  • Jangan membuat blog dengan niat mengejar Pagerank yang nantinya digunakan untuk kepentingan bisnis (buatlah blog dengan tujuan berbagi sesuatu, yang sekiranya bermanfaat).
  • Jangan terlalu banyak membuat link external yang tidak berhubungan dengan konten blog anda, karena bisa dikategorikan sebagai spam.
3. Berhubungan dengan pihak ketiga:
  • Maksud dari pihak ketiga disini adalah DMCA (Digital Millennium Copyright Act) yaitu lembaga yang bertugas melindungi hak cipta/ hak kekayaan intelektual seseorang didunia digital, jika ada laporan dari DMCA kepada pihak wp.com, maka blog anda dalam masalah besar.
  • Pihak ketiga yang lainnya adalah penegak hukum, seperti polisi/pengadilan jika blog kita berisi konten yang melanggar norma, baik norma hukum/agama/asusila, maka pihak penegak hukum berhak mengajukan permohonan kepada pihak wp.com untuk menghapus blog tersebut.
4. Berhubungan dengan prilaku si empunya blog:
  • Si-empunya blog berusaha melakukan perbuatan jahat, dengan mencoba meng-hack fasilitas wp.com, contoh: untuk mendapatkan fasillitas VIP, maka harus bayar uang, tapi dia malah melakukan cara ilegal untuk mendapatkan fasilitas VIP tersebut.
  • Si-empunya melakukan perbuatan melanggar hukum seperti memfitnah orang lain, menyebarkan berita bohong/hoax, dan pelanggaran hukum lainnya, maka pihak wp.com bisa saja menghapus blog tersebut.
  • Si-empunya blog menghapus atribut wp.com, biasanya terletak pada bagian footer blog, baik disengaja atau tidak.

0 komentar: