Kamis, 31 Januari 2013

TUTORIAL REMOTE DESKTOP DI UBUNTU VIA LAN


Remote desktop adalah sebuah fitur yang memungkinkan komputer A untuk mengontrol atau meremote komputer B, seolah-olah user pada komputer A sedang memainkan komputer B.
Manfaat yang didapatkan dari remote desktop ini adalah user sangat mudah mengontrol komputer-komputer client tanpa harus mempunyai banyak monitor, cukup dengan remote desktop semua komputer client bisa dipantau.
Protokol untuk remote desktop ini sangat banyak diantaranya adalah: Remote Desktop Protocol (RDP),  Secure File Transfer Protocol (SFTP),  Secure Shell (SSH) ,  dan Virtual Network Computing (VNC).  Menurut saya sendiri jenis remote desktop yang paling mudah dimengerti adalah remote desktop menggunakan VNC (Virtual Network Computing).
Hal-hal yang dibutuhkan:
1. Komputer minimal 2 buah.
2. Kabel LAN jenis straight.
Tutorial Remote Desktop Di Ubuntu Via LAN:
1. Siapkan 2 buah komputer dengan sistem operasi ubuntu (saya menggunakan ubuntu 10.10).
2. Pasangkan kabel Lan pada 2 buah komputer yang akan di remote.
2. Setting IP Address, di masing-masing komputer (misal: IP Address server 100.10.1.1 & IP Address client 100.10.1.3), lakukan ping untuk memastikan kabel lan sudah terhubung.
3. Masuk ke: System > Preferences > Remote Desktop. lakukan setting seperti pada gambar dibawah (ingat! lakukan dikomputer client).
4. Silakan install aplikasi Remmina Remote Desktop Client bisa melalui terminal dengan mengetik: apt-get install remmina. Bisa juga install melalui Ubuntu Software Center. (ingat! lakukan di komputer server)
5. Buka aplikasi Remmina, terus klik edit > new, lakukan setting seperti gambar dibawah. (ingat! lakukan di komputer server).
Ket:
  • Kolom Name (adit to heri) adit servernya (100.10.1.1) dan heri clientnya (100.10.1.3).
  • Kolom Group kosongkan saja.
  • List protocol pilih VNC – Virtual Network Computing.
  • Pilih menu Basic kemudian isi kolom Server dengan IP Address Client yaitu 100.10.1.3.
  • Kolom Proxy Destination kosongkan saja.
  • Kolom Username isi dengan user account ubuntu server (adit).
  • Kolom Password kosongkan saja.
  • Kolom Color Depth dan kolom Quality biarkan seperti gambar diatas, supaya proses remote desktop tidak memakan resource komputer yang besar, sehingga kinerja komputer jadi sangat lambat.
  • Klik Save dan silakan Connect.
  • Selesai

Jika anda ingin meremote komputer lebih banyak lagi silakan, prinsipnya sama saja cuma untuk banyak client dibutuhkan sebuah switch/hub dan kabel lan jenis straight.
./Semoga membantu

0 komentar: